fune wo amu

Time Skip Dalam Anime: Kapan, Kenapa, dan Bagaimana?

Time skip dalam Anime, bagian ini mungkin sering diabaikan karna cenderung hanya seperti memotong bagian yang tidak perlu, para penonton lebih sering memperhatikan bagaimana pengembangan plot twist, flashback dan rumor-rumor kelanjutan cerita Anime tersebut. Tapi benarkah demikian? Kenapa harus ada time skip? Kapan biasanya seorang author meletakan time skip? Dan bagaimana pengeksekusian time skip?. Artikel kali ini akan membahas tentang time skip dan memberikan sedikit spoiler dari Anime yang digunakan sebagai contoh, silakan disimak ya:

Time Skip Dalam Anime: Kapan?

Time skip itu sama seperti memotong bagian yang tidak perlu dari sebuah produk, produk yang dimaksud ini adalah Anime, yang tentunya tidak bisa sembarangan memotong bagian yang tidak diinginkan saja. Kita harus memperhitungkan banyak hal, mulai dari dibagian mana dipotongnya, bagimana bagian itu harus dipotong, dan yang paling penting, kenapa harus dipotong?.

Pertanyaannya adalah kapan time skip diperlukan? jawabannya sangat sederhana, ketika dia memang dibutuhkan. Admin akan ambil contoh One Piece, One Piece melakukan time skip saat Luffy dan kawan-kawan memutuskan untuk bertemu di Sabaody dalam 3 hari, sebelum Arc Marine ford. Namun di Marine ford setelah melihat kematian Ace, Luffy menyadari bahwa dirinya masih kurang pegalaman dan kekuatan. Untuk itu sang kapten memutuskan untuk mengganti 3 hari tersebut menjadi 2 tahun agar semua crew topi jerami dapat berlatih agar bisa menghadapi musuh yang lebih kuat di dunia baru.

time skip dalam anime one piece
One Piece

Saat itu lah time skip terjadi, Luffy dan kawan-kawan berlatih selama 2 tahun di tempat dimana Bartholomew Kuma melempar mereka dengan kekuatannya. Time skip dilakukan saat cerita tidak lagi soal protagonis, rasanya kurang seru kan jika Anime berjalan hanya tentang protagonis kan?.

Time Skip Dalam Anime: Kenapa?

Pertanyaan yang sering muncul. Kita juga pasti bertanya, kenapa time skip dilakukan? Well alasannya banyak, bisa karena sang author memang memutuskan demikian, bisa juga karna untuk menghemat biaya produksi, atau bisa juga karena cerita dari Anime yang diadaptasi memang mengharuskan terjadinya time skip.

Admin akan ambil contoh Anime lain, Fune wo Amu. Fune wo Amu mengambil latar Majime Mitsuya yang di mutasi ke divisi lain oleh tempatnya bekerja untuk membuat sebuah kamus. Kebayang kamus kan? dengan jumlah halaman sebanyak itu dengan segala referensi dan contoh penggunaan kata, tidak mungkin menyelesaikan halaman setebal itu dalam hitungan minggu atau bulan.

fune wo amu
Fune Wo Amu

Untuk itulah Fune wo Amu melakukan time skip maju ke 13 tahun setelah cerita dimulai. Tanpa time skip, cerita tidak akan berjalan dengan semestinya karna banyak Narasi yang mungkin tidak selesai. Jadi jawaban atas pertanyaan kenapa time skip diperlukan adalah karena ia memang diperlukan untuk beberapa kasus.

Time Skip Dalam Anime: Bagaimana?

Bagaimana adalah pertanyaan yang tepat jika ditanya perihal pengeksekusian, Admin akan perjelas pertanyaannya menjadi bagimana pengeksekusian time skip?

Bagaimana pengeksekusian time skip tentunya akan menyesuaikan arahan produser dan Anime yang sedang dikerjakan, tapi jika jawabannya cuma itu rasanya kurang seru dong. Admin akan mengembangkan sedikit jawaban ini.

Death Note logo

Time skip dalam Anime hanya bisa dilakukan jika Anime itu benar-benar membutuhkannya saja, misalnya saja One Piece, jika tidak melakukan time skip justru akan mengganggu cerita utamanya, karena semua karakternya tidak mungkin dibuat menjadi sangat kuat begitu saja, selain bikin bingung, penonton tentu saja akan bertanya-tanya. Berbeda dengan Death Note, Death Note adalah Anime masterpiece pada eranya, namun menurut admin ceritanya jadi aneh saat terjadi time skip sekitar 5 tahun kedepan dan memperkenalkan 2 detektif jenius baru yang berasal dari tempat L dibesarkan. Tanpa menghilangkan keseruan Animenya, time skip pada Death Note menurut admin sama sekali tidak diperlukan.

Jadi kesimpulan bagaimana time skip dilakukan selain tergantung produser yang mengerjakan (studio yang mengerjakan juga berpengaruh ya) juga memerlukan faktor kecocokan cerita dari Anime yang sedang dikerjakan. Jadi jangan protes jika terjadi time skip di Anime favorit kamu ya, karena siapa tau itu memang diperlukan untuk melengkapi cerita utamanya.

Sumber: Berbagai sumber

One comment

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124