Apa Itu Visual Novel?

Membaca novel mungkin memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang menyukainya, dan bermain game juga memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya, jadi bagaimana jika kamu membaca novel yang bisa dimainkan? WTF is this!?. Oke, kali ini Wartaotaku akan membahas apa itu visual novel.

Apa Itu Visual Novel ?

Singkatnya visual novel adalah novel yang bisa dimainkan, itu aja? tentu nggak, karena artikel ini bisa jadi sangat pendek nanti. Visual novel adalah sebuah game dimana kamu menjadi karakter utamanya dan didalamnya kamu akan menjalankan berbagai misi dan story dari berbagai karakter game nya, dan yang paling penting adalah “pilihan” yang menjadi ciri khas dari visual novel. “Pilihan” lah yang akan membentuk keseluran jalan cerita dalam visual novel, jadi tergantung dari pilihan yang kamu buat di dalam game, kamu bisa merubah keseluruhan jalan ceritanya, menarik bukan?. Visual novel juga memiliki banyak genre, kamu penikmat romance? Ada, kamu suka horror? Ada, kamu suka adventure? Juga ada.

apa itu visual novel?
Steins;Gate in Game

Visual novel menjadi sangat interaktif karena story di dalamnya bisa kamu ubah sesuka hati, karena tujuan dari game ini memang seperti itu. Namun dalam visual novel ada istilah true ending atau akhir sebenarnya, istilah ini mengacu kepada bagaimana sebuah game itu seharusnya berakhir terlepas dari pilihan yang pemain nya buat selama di dalam game.

steins gate
Opening Visual Novel Steins;Gate

Asal Game Visual Novel

Visual novel memulai debutnya di Jepang dimana jenis game ini sudah sangat populer. Hal ini juga yang menyebabkan banyak sekali game visual novel memiliki story dan artwork yang mirip sekali dengan Anime dan Manga walaupun pengembang game nya sendiri tidak berasal dari Jepang. Hal ini juga yang menjadikan style Anime dan Manga ini lebih populer daripada visual novel yang memiliki ciri khas artwork nya sendiri. Namun tidak berarti visual novel yang memiliki ciri khas artwork nya sendiri menjadi tidak diminati ya.

Masa Depan Visual Novel

Jika kita melihat kebelakang, tepatnya tahun 2000 an, belum banyak sekali Visual novel yang diterjemahkan ke bahasa lain selain bahasa Jepang. Sekalipun ada, variasi Visual novel yang diterjemahkan sedikit sekali jumlahnya dan hanya untuk kalangan tertentu saja. Namun para publisher akhirnya mulai melirik semua kalangan, ini dibuktikan dengan dirilisnya Steins;Gate.

Disamping translator resmi yang menerjemahkan ke bahasa lain, ada juga hasil terjemahan Fans yang ikut membantu menerjemahkan visual novel gratis seperti Narcissu ke bahasa lain. Tanpa mereka mungkin sulit bagi orang yang bahasa nya tidak didukung untuk bisa menikmati Visual novel.

Tapi beruntunglah sekarang visual novel sudah jadi genre Game yang umum di dunia, kamu bisa setidaknya menemui 100 judul Visual novel di Steam atau Playstation store. Lalu apa kesimpulannya?

Membaca buku itu keren, ebook pun perlahan menjadi lebih interaktif, tapi admin merasa visual novel masih akan memiliki masa depan yang cerah di masa yang akan datang.

Dengan cerita dan genre yang makin variatif, harga yang masih bisa dibilang wajar dan fitur untuk merubah keseluruhan alur cerita akan bisa mencuri ketertarikan lebih banyak orang nantinya, terutama para pecinta novel yang ingin melihat karakternya favoritnya seperti hidup.

Sumber: Wartaotaku, Steam

Leave a Reply