Ilmu pengetahuan cuma bisa didapatkan dari buku dan sekolah. Kalau kamu masih berpikir seperti ini kamu salah besar, pasalnya pengetahuan bisa didapat dari mana saja, termasuk dari Anime. Terkadang kita menonton Anime hanya untuk hiburan atau penghilang rasa bosan, namun apa jadinya jika dibalik keseruan Anime yang kamu tonton juga mengandung pengetahuan yang mungkin kamu belum tau. Sains, Komputer, Ekonomi, Pengetahuan Alam dan masih banyak lagi yang tanpa kamu sadari sering kamu tonton. Berikut adalah daftar Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan:

7 Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan

Hataraku Saibo

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan hataraku saibo

Kita mulai dari pengetahuan Biologi. Anime yang satu ini pasti nggak asing di telinga kamu karena saat artikel ini ditulis, musim keduanya sedang tayang. Hataraku Saibo mengajarkan bagaimana tubuh kita bekerja dengan penjelasan sederhana namun mudah dipahami, disamping itu Anime ini juga tidak kental dengan pelajaran biologi di setiap menitnya, ada banyak selingan aksi dan komedia di setiap menit episode nya.

Cerita Hataraku Saibo berpusat pada sel darah merah bernama Sekkekkyuu AE3803 yang ehem, agak kurang cerdas dan selalu nyasar alias nggak tau harus kemana. Juga ada sel darah putih alias Hakkekkyuu U-1146 yang selalu ada saat dibutuhkan. Cerita utama Anime ini adalah bagaimana sel darah merah berkeliling tubuh manusia dan bertemu banyak mikro organisme seperti bakteri, virus, bahkan sel kanker serta bagaimana sel darah putih melawan mereka semua (baca: bertarung). Jadi Anime ini cukup Admin rekomendasikan untuk kamu yang cari hiburan sekaligus belajar pengetahuan tentang tubuh manusia. Oh ya, sebagai informasi, Anime ini bergenre shounen ya.

Dr. Stone

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Dr Stone

Kalo Anime ini lebih ke ilmu bertahan hidup ya, intinya kamu pasti tau lah dengan Anime yang satu ini. Dr. Stone, Anime yang sangat kental dengan kehidupan di Zaman batu ini akan mengajarkan kamu bagaimana bertahan hidup dengan teknologi yang sederhana dan bahkan mengajarkan kamu menciptakan teknologi itu sendiri. Admin menempatkannya sebagai Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan karena dalam Animenya ditampilkan bagaimana kamu bisa membuat antibiotic sampai membuat salah satu ciptaan manusia terhebat sepanjang masa, minuman bersoda.

Cerita Dr. Stone berpusat pada Senkuu, seorang anak yang sangat jenius, dan teman sekelasnya Taiju Ooki. Taijuu yang sedang mengungkapkan perasaan pada Yuzuriha tiba-tiba melihat cahaya hijau yang bersinar terang. Cahaya hijau itu membuat seluruh tubuhnya membatu bersama dengan seluruh orang di dunia. Namun selama membatu tersebut Taiju tetap tersadar bahwa dirinya tidak bisa bergerak. Beberapa milenia kemudian tubuh Taijuu yang membatu kembali normal. Sadar akan kondisi yang dialaminya, dia melihat sekeliling dan semuanya berubah. Namun siapa sangka dia justru bertemu dengan Senkuu yang sudah “sadar” bebarapa waktu sebelumnya, bersama mereka berusaha membangun kembali peradaban dengan pengetahuan yang mereka miliki.

Gin No Saji

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan gin no saji

Berikutnya adalah Gin No Saji atau silver spoon, di Anime ini kita bisa mengambil ilmu tentang agrikultur ya. Gin No Saji punya cerita yang unik, yang belum pernah Admin liat sebelumnya. Bayangkan seorang anak yang dibesarkan di perkotaan tiba-tiba melanjutkan pendidikan di sekolah kejuruan di pedesaan dengan fokus agrikultur. Dari sini harusnya rasa ingin tahu kamu soal Anime ini sudah mulai bangkit ya hihi.

Gin No Saji berpusat pada Yuugo Hachiken, seorang siswa yang depresi karena tidak bisa mendapatkan sekolah yang diinginkannya. Bingung harus apa dan tidak ingin dikatakan gagal, Yuugo memutuskan untuk melanjutkan sekolah dengan fokus agrikultur di pedesaan. Beruntung di sekolahnya yang baru Yuugo dikelilingi oleh orang-orang luar biasa yang punya ambisinya masing-masing. Dikelilingi orang yang punya tujuan dan ambisi mungkin agak membuat depresi sekaligus sebagai pemacu untuk Yuugo menemukan apa yang diinginkannya.

Admin menempatkannya sebagai Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan karena Anime ini mengajarkan kita untuk beristirahat sejenak dari segala tekanan yang kita alami dan fokus pada hal yang penting saja, selain itu Anime ini juga mengajarkan seperti apa industri agrikultur jepang dibalik layar seperti bagaimana memeras susu sampai membantu sapi yang melahirkan. Selama Animenya berjalan, kamu akan disuguhi oleh cerita komedi unik dan selingan pengetahuan yang nggak boleh dilewatkan.

Yuru Camp

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan yuru camp

Nah, Anime yang satu ini juga bergenre cukup unik, yaitu camping. Tidak banyak Anime yang menjadikan camping sebagai cerita utamanya, namun hal itulah yang coba diambil oleh Yuru Camp. Admin menempatkannya sebagai Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan karena Yuru Camp akan mengajarkan kamu bagaimana cara mendirikan tenda, mematik api tanpa korek, menjaga suhu tubuh tetap hangat di cuaca dingin dan lain sebagainya, ditambah kamu juga jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk camping di jepang dan lokasi-lokasi yang bagus untuk camping. Karena pada Animenya banyak disebutkan lokasi-lokasi strategis untuk melihat pemandangan alam cantik dan gunung Fuji.

Siapa yang sangka kalau Anime dengan cerita yang sederhana dapat memberikan hiburan dan pengetahuan sekaligus, dan yang paling penting disetiap akhir episode nya pasti kamu tersenyum lebar, hayoo ngaku. Yuru Camp bukan cuma sekedar Anime tentang gadis yang imut yang melakukan hal menggemaskan, tapi lebih dari itu, ceritanya sangat lurus dan nggak bertele-tele, penjelasan dari naratornya pas dan nggak pakai istilah sulit, penempatan karakter yang pas dan masih banyak lagi. Bener-bener nggak ada satu detik pun yang sia-sia. Dan oh iya, salah satu ciri anime bagus adalah saat kamu baru nonton sebentar tapi tiba-tiba sudah masuk ending, inilah yang mungkin dirasakan banyak orang saat nonton Anime ini.

Cerita Yuru Camp berpusat pada Nadeshiko Kagamihara, gadis yang ceria, energik, dan mudah excited, terutama soal makanan. Dia juga adalah anggota blanket society, organisasi pecinta selimut yang dibentuk bersama teman-teman nya, tapi jangan dibawa serius ya, bukan organisasi seperti yang kalian bayangkan kok. Dia suka dikira sebagai anak SMP walaupun sebenarnya Nadeshiko sudah SMA. Pertemuan nya dengan Shima Rin yang sedang camping di dekat gunung Fuji memulai cerita Animenya. Nadeshiko yang bersepeda ke dekat perkemahan di gunung Fuji bertemu dengan Rin yang kebetulan sedang camping disana, Nadeshiko yang tidak bisa pulang dan tidak ingat dengan nomor telepon rumahnya terpaksa harus menghangatkan diri di depan tenda yang Rin dirikan, dari sini cerita mengalir dengan lancar yang tanpa kita sadari satu episode sudah selesai. Ceritanya berlanjut saat Nadeshiko mengetahui kalau Rin satu sekolah dengannya. Rin yang baru bergabung dengan club aktifitas luar ruangan mengajak Rin untuk bergabung dengan club nya, namun Rin menolak karena dia lebih suka camping sendirian.

Anime ini masuk kedalam top Anime di list pribadi Admin karena cerita yang unik dan art yang bagus, kalau penasaran kamu bisa tonton langsung Animenya ya.

Bakuman

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan bakuman

#TeamManga, belum klop rasanya kalau nonton Anime tanpa baca Manga, apalagi untuk Anime yang diadaptasi dari Manga seperti One Piece atau Kimetsu no Yaiba. Namun kali ini Admin akan membahas tentang Bakuman, sebuah Anime yang bercerita tentang bagaimana Mangaka atau seniman Manga menggambar dari sebuah konsep menjadi gambar final yang bisa disebut Manga. Admin menempatkannya sebagai Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan karena di Anime ini kita akan banyak belajar istilah-istilah yang digunakan dalam pembuatan Manga seperti (ネーム, Nēmu) atau draft sebelum dijadikan Manga dan banyak lagi lainnya.

Cerita Bakuman berpusat pada Moritaka Mashiro, seorang pelajar yang memiliki paman seorang Mangaka yang harus meninggal sebelum ceritanya utamanya dimulai. Moritaka yang mengagumi pamannya diam-diam juga menggambar Manga tanpa sepengetahuan orang tuanya, namun diam-diam anak paling cerdas di sekolahnya melihat gambar yang dibuat Moritaka dan terkesan dengan gambarnya. Akito Takagi, yang juga sekaligus teman sekelasnya tanpa ragu mengajak Mortaka untuk debut Duo sebagai seorang Mangaka. Moritaka yang awalnya tidak suka ide tersebut menolak ide Takagi.

Keteguhan Takagi akhirnya membuat Moritaka setuju dengan idenya dan merekapun debut sebagai Mangaka Duo, dengan formasi Takagi yang membuat cerita dan Moritaka yang membuat Art nya. Namun jalan panjang mereka baru saja dimulai, drama Romance dan komedi juga menghiasi setiap menit di Anime ini. Anime ini sudah tayang cukup lama, namun tetap masuk ke dalam daftar rekomendasi Admin.

Ookami to Koushinryou

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan spice and wolf

#TeamLightNovel, kali ini giliran Anime yang diadaptasi dari Light Novel. Ookami to Koushinryou atau Spice and Wolf adalah Anime yang akan banyak mengajarkan kamu soal ekonomi. Admin menempatkannya sebagai Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan karena selain sebagai hiburan, Anime ini juga akan banyak mengajarkan kamu bagaimana cara barter, negosiasi dan bertukar informasi. Animenya sangat straight forward, tidak bertele-tele, setiap penjelasan dieksekusi dengan jelas, jadi penonton nggak lagi bertanya-tanya. Terutama dialog dengan Holo/Horo yang membuat seakan-akan kamu sendiri yang sedang berdebat dengan Holo. Admin nggak bisa cerita banyak untuk Anime ini karena memang paling pas kalau kamu yang nonton sendiri Animenya.

Cerita Spice and Wolf sendiri berpusat pada Lawrence Kraft, seorang pedagang yang berkeliling dari satu tempat ke tempat lain untuk menjual dagangannya. Lawrence yang sedang berkunjung ke Pasloe mendengar mitos tentang makhluk yang melindungin hasil panen desa tersebut. Namun siapa sangka kalau dirinya akan bertemu langsung dengan makhluk dalam mitos tersebut. Holo, seekor serigala yang bisa menjadi manusia berkata padanya, jika dia mau mengantarnya ke kampung halamannya maka Holo bersedia menjadi rekan bisnisnya, dari sini cerita berjalan santai namun dengan informasi yang cukup padat. Sebenarnya Anime ini agak kurang pada bagian latar, namun cukup bisa diimbangi dengan dialog cerdas antara kedua peran utama Animenya. Kalau kamu suka Anime dan Ekonomi, sepertinya kamu harus nonton Anime ini.

Haikyuu!!

Anime Yang Mengajarkan Ilmu Pengetahuan haikyuu

Yang terakhir dalam daftar ini adalah Anime dengan genre Olah Raga, sebenarnya ada banyak sekali Anime dengan genre yang sama, namun Admin memilih Haikyuu karena Animenya memiliki kriteria paling cocok untuk ditempatkan di daftar ini. Admin menempatkannya sebagai Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan karena di Anime Haikyuu kamu akan mendapat banyak informasi mengenai aturan dalam permainan Voli mulai dari episode awal sampai akhir, setiap penjelasan dapat dicerna cukup mudah oleh orang awam, walaupun ada sedikit keanehan dalam penjelesanannya namun masih bisa dimaafkan karena animasi dan art nya yang bagus.

Cerita Haikyuu berpusat pada Shoyou Hinata, seorang cowok bertubuh pendek yang terinspirasi dengan permainan bola Voli sejak kecil. Inspirasi nya inilah yang membuatnya membangkitkan club Voli di SMP nya dan bahkan membawa tim nya untuk ikut turnamen. Namun sayang tim nya harus dikalahkan oleh Tobio Kageyama. Hinata yang melanjutkan ke SMA bergabung dengan club Voli Karasuno (nama sekolahnya), namun siapa sangka kalau dirinya akan bertemu dengan Kageyama, orang yang dulu mengalahkannya yang sekarang justru menjadi rekan satu tim nya. Kalau kamu suka genre olah raga, Anime ini cukup Admin rekomendasikan bersama denga Kuroko no Basuke dan Yuri on Ice.

Setelah membaca daftar Anime yang mengajarkan ilmu pengetahuan diatas, yang mana saja yang sudah kamu tonton? kalau belum, kayaknya kamu harus segera nonton Animenya.

Sumber: Rekomendasi Admin