5 Situs Untuk Nonton Anime Secara Legal

muse asia

Tahukah kamu jika sebagian besar orang Indonesia menonton Anime secara illegal, dan mereka tidak sadar jika itu ilegal? Faktanya sebagian besar kita bahkan menganggap Anime bisa dinikmati secara gratis.

Ini sangat disayangkan karena sebenarnya kita bisa nonton Anime secara legal dengan jumlah koleksi yang tidak kalah dengan yang illegal. Beberapa diantaranya bahkan gratis sama sekali alias kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa menikmati anime favoritmu.

Menonton Anime di situs-situs ini juga sebagai bentuk apresiasi kita kepada para seiyuuanimator, serta seluruh tim yang terlibat dalam pembuatannya. Anime-anime di situs ini dibeli secara legal lisensinya agar bisa ditayangkan dan ditonton semua orang. Dengan menonton Anime dan membayar biaya langganan di situs ini juga kamu juga sudah membantu memerangi pembajakan di Indonesia.

Daftar Situs Nonton Anime Legal

Langsung saja, berikut adalah situs-situs tempat nonton anime secara legal:

Netflix

netflix wartaotaku
Netflix

Tidak asing di telinga kita, nama Netflix selain berisi film-film box office dan drama dari berbagai negara didalamnya juga terdapat beragam koleksi Anime dengan jumlah koleksi yang cukup banyak. Sebut saja Psycho-Pass dan Hunter x Hunter, yang juga tersedia di Netflix.

Saat artikel ini ditulis, kamu bisa berlangganan di Netflix mulai dari Rp 54000 sampai Rp 186000 per bulannya.

Crunchyroll

nonton anime secara legal
Crunchyroll

Kalau kami sering menjelajah forum Anime luar negeri pasti kami tidak asing dengan nama ini. Crunchyroll menawarkan layanan streaming Anime dan baca Manga secara digital. Sayangnya belum semua Anime yang ada di layanan ini dapat ditonton oleh semua orang. Saat artikel ini ditulis masih terdapat beberapa judul yang tersangkut “licensing limitations” seperti One Piece yang hanya bisa ditonton di negara tertentu saja.

Perlu dicatat juga jika semua Anime di layanan ini belum terdapat subtitle Bahasa Indonesia, dan karena Crunchyroll adalah layanan luar negeri, mata uang yang digunakan sebagai pembayaran memakai Dollar. Harga berlangganan di Crunchyroll saat artikel ini ditulis adalah $7,99 sampai $9,99 per bulannya.

iQIYI

iqiyi wartaotaku
Iqiyi

Layanan yang satu ini masih cukup baru dan mungkin belum banyak orang yang tau namanya. Walaupun begitu layanan ini menyediakan judul anime yang tidak sedikit, sebut saja Attack on Titan, Sword Art Online dan Haikyu!!.

Oh iya, sama seperti Netflix layanan ini menerima pembayaran dengan mata uang rupiah dan bisa dibayar melalui Google Play. Saat artikel ini ditulis, biaya berlangganan di iQIYI adalah Rp 30000 hinggal Rp 75000 per bulannya.

Hulu

hulu
Hulu

Hulu adalah layanan yang dibawahi langsung oleh Walt Disney Company, jadi nggak perlu ragu sama kualitasnya. Layanan ini menyediakan judul yang cukup lengkap mulai dari Dragon Ball hingga Jojo’s Bizzare Adventure. Namun sayangnya sama seperti Crunchyroll, layanan ini masih menggunakan mata uang asing dalam pembayarannya.

Saat artikel ini ditulis, Hulu menyediakan paket langganan mulai dari $5,99 hingga $64,99 per bulannya.

Youtube

muse asia
Muse Asia

Youtube? nggak salah? Nah untuk yang satu ini mungkin agak aneh jika kamu baru pertama kali mendengarnya. Namun perlu kami luruskan, yang menyediakan streaming nya bukanlah Youtube, melainkan salah satu channel di dalamnya.

Muse, adalah channel yang membawahi Muse Indonesia dan Muse Asia. Didalamnya kamu bisa menikmati beragam judul Anime terbaru atau judul dari beberapa tahun sebelumnya.

Daaan yang menjadi kabar baik buat kamu adalah layanan ini GRATIS!, yap, kamu nggak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk menikmati koleksi didalamnya. Ini 100% legal loh ya. Namun karena gratis tentunya kamu juga harus melihat iklan sebagai pengganti biaya yang harus kamu keluarkan, yang tentunya bukan masalah sama sekali.

Penutup

Kehadiran Muse Asia dan Muse Indonesia menurut kami adalah gebrakan sebenarnya dalam dunia hiburan berbasis Anime, dengan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun kita sudah bisa menikmati banyak judul yang mereka sediakan. Disamping itu juga ada iQIYI yang biaya per bulannya menurut kami tidak terlalu mahal, cocok untuk kantong Mahasiswa dan pelajar.

Setelah kamu mengetahui situs-situs diatas, apa kamu masih mau nonton Anime bajakan? Kami harapkan nggak ya :).

Leave a Reply